Desain Alinyemen Horizontal

March 19, 2017

Sering melewati jalan dengan tikungan tajam? Atau melihat kecelakaan di tikungan? Atau bahkan pernah mengalaminya sendiri? Mudah-mudahan tidak. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan di tikungan dan seringkali faktor pengemudi dituding sebagai penyebab kecelakaan. Sangat jarang atau mungkin tidak pernah dituding faktor jalannya itu sendiri sebagai penyebab kecelakaan.

Apabila anda melewati suatu tikungan yang belum pernah anda lewati, dan anda mendadak merasa keluar jalur atau anda terpaksa harus melakukan pengereman secara tiba-tiba untuk melewati tikungan, maka patut diduga bentuk tikungan tersebut tidak memenuhi standar desain yang ada.

Banyak tikungan jalan di negara kita tidak memenuhi standar desain yang ada. Mulai dari tidak sesuainya jari-jari tikungan dengan kecepatan rencana, tidak adanya lengkung peralihan, kurangnya super elevasi, tidak adanya pelebaran tikungan, kurangnya jarak pandang bebas sampai dengan tidak adanya rambu-rambu peringatan dan petunjuk jalan.

Mengapa banyak tikungan pada jalan antar kota di Indonesia yang tidak memenuhi standar desain? Apakah semata karena faktor biaya konstruksi? atau ketidakpedulian dari para stakeholder jalan raya? Atau mungkin justru karena tidak mengertinya para perencana jalan mengenai standar desain jalan raya?

Untuk menghindari penyebab terakhir ini maka kami telah menyusun aplikasi sederhana berbasiskan program microsoft excel untuk mendesain tikungan jalan raya atau yang biasa kita sebut sebagai alinyemen horizontal sesuai dengan standar Bina Marga. Untuk referensi teknis desain alinyemen horizontal anda dapat membaca Perencanaan Alinyemen Horizontal. Anda juga dapat mendownload Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota serta Standar Perencanaan Geometrik untuk Jalan Perkotaan.

Aplikasi ini dapat menghitung tikungan dalam bentuk Full Circle dan Spiral - Circle - Spiral, sementara untuk tikungan Spiral - Spiral tidak tersedia, karena walaupun jenis tikungan ini ada didalam standar Bina Marga, sebaiknya hindari desain tikungan seperti ini kecuali dalam kondisi yang sangat terpaksa.

Semoga dengan adanya aplikasi ini dapat membantu para perencana jalan dalam mendesain alinyemen harizontal dan dapat mempertahankan desainnya dihadapan para stakeholder, yang pada akhirnya akan memberikan kenyamanan pada masyarakat sebagai pengguna jalan. Dan yang tidak kalah penting standar peraturan yang telah susah payah disusun oleh para guru besar dapat kita patuhi dan hargai, tidak hanya sekedar menjadi hiasan belaka.

Syarat dan ketentuan serta manual pemakaian dapat dibaca pada lampiran dari program ini. Silahkan download aplikasi Desain Alinyemen Horizontal secara gratis. Untuk kritik, saran dan diskusi silahkan utarakan di bagian komentar.

You Might Also Like

1 comments

Labels