Program Perhitungan Pelat Beton

March 08, 2017

Dalam praktek di dunia konstruksi seringkali pelat beton di desain atau dilaksanakan secara praktis, berdasarkan kebiasaan saja. Banyak gambar desain maupun pelaksanaan pekerjaan pelat beton sederhana menggunakan desain standar yaitu tebal 12 cm dan menggunakan besi diameter 8 jarak 15 cm atau diameter 10 jarak 20 cm. Apakah desain terlalu boros atau malah sebaliknya, banyak praktisi yang tidak dapat memberikan jawaban secara pasti.

Hal ini disebabkan untuk mendesain pelat beton secara ideal membutuhkan perhitungan analisa struktur yang cukup kompleks, yang mau tidak mau harus menggunakan program bantu analisa struktur yang relatif cukup menyulitkan bagi sebagian besar praktisi di bidang konstruksi.

PBI 1971 telah memberikan tabel untuk menentukan koefisien momen pelat secara praktis yang hingga saat ini tabel tersebut masih sering digunakan oleh para praktisi dibidang konstruksi, dikarenakan jauh lebih cepat dan sederhana dibandingkan dengan menggunakan program bantu analisa struktur seperti SAP atau ETABS.

Sayangnya masih sangat jarang program bantu perhitungan pelat beton yang memanfaatkan tabel koefisien momen dari PBI 71 ini. Sehingga sering kali kita melihat perhitungan pelat beton dilakukan secara manual atau seperti diuraikan diatas di desain secara praktis saja. Untuk referensi penggunaan tabel koefisien momen dapat anda baca di Perhitungan Pelat Lantai Sederhana.

Kontributor kami Worksheet for Engineer telah mencoba membuat program bantu perhitungan pelat beton berbasiskan spreadsheet Microsoft Excel yang memanfaatkan tabel koefisien momen dari PBI 71, sehingga perhitungan pelat beton dapat dilakukan dengan lebih cepat dan praktis.

Kelebihan dari program ini kita tidak perlu lagi melihat tabel koefisien momen, karena program akan memberikan secara otomatis nilai koefisien momen yang sesuai untuk menghitung momen maksimum yang terjadi. Program ini juga telah menyediakan standar berbagai macam beban hidup dan beban mati tambahan yang dapat dipilih sesuai dengan standar pembebanan untuk rumah dan gedung tahun 1987. Sementara Perhitungan beton bertulang menggunakan standar SNI 2002 tentang Tata Cara Perhitungan Struktur Beton untuk Bangunan Gedung.

Syarat dan Ketentuan serta manual pemakaian dapat dilihat pada lampiran dari aplikasi ini. Silahkan download aplikasi Perhitungan Pelat Beton secara gratis. Untuk kritik, saran dan diskusi silahkan utarakan di bagian komentar.

You Might Also Like

0 comments

Labels