Desain Alinyemen Vertikal

March 20, 2017

Pernah dengar istilah tanjakan ciluk ba! Jika anda biasa touring atau seorang adventure istilah tersebut tentu tidak asing lagi. Tanjakan ciluk ba! adalah jalan menanjak lurus yang melewati puncak bukit dengan panjang yang sangat pendek, sehingga apabila ada kendaraan melintas dari arah yang berlawanan baru akan terlihat pada puncak bukit. Hal ini disebabkan oleh jarak pandang yang sangat pendek.

Seringkali pengendara tidak menyadari jika mereka akan melewati tanjakan ciluk ba!, terutama apabila baru pertama kali melewati jalan tersebut. Karena mereka tidak mengetahui jika setelah tanjakan terdapat turunan tajam yang menyebabkan berkurangnya jarak pandang secara drastis. Hal inilah yang seringkali disebut sebagai penyebab kecelakaan di tanjakan ciluk ba!

Lalu siapa yang patut disalahkan dalam kasus ini? Sama seperti kasus tikungan tajam, yang dapat anda baca di artikel desain alinyemen horizontal, lagi - lagi faktor pengendara menjadi tersangka dalam kasus ini. tidak ada pertanyaan apakah bentuk tanjakan tersebut atau istilah tekniknya alinyemen vertikal sudah sesuai dengan standar yang ada? Yah, tidak adanya pertanyaan tersebut karena memang di kalangan masyarakat awam tidak mungkin mengetahui seperti apa bentuk tanjakan yang sesuai dengan standar geometrik jalan. Sementara di kalangan praktisi jalan banyak yang diam saja termasuk saya dan anda yang sedang membaca artikel ini.😊

Melihat kondisi tersebut kami telah mencoba membuat aplikasi sederhana berbasiskan program microsoft excel untuk mendesain alinyemen vertikal sesuai dengan standar Bina Marga. Untuk referensi teknis desain alinyemen vertikal anda dapat membaca artikel Perencanaan Alinyemen Vertikal. anda juga dapat membaca Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota serta Standar Perencanaan Geometrik untuk Jalan Perkotaan. Aplikasi ini dapat menghitung dua bentuk lengkung vertikal, yaitu lengkung vertikal cembung dan lengkung vertikal cekung.

Semoga dengan adanya aplikasi ini dapat membantu para perencana jalan dalam mendesain alinyemen vertikal. Dan yang terpenting dapat mempertahankan desainnya dihadapan para stakeholder jalan, berapapun biaya konstruksi yang harus dikeluarkan. Karena nyawa manusia yang hilang akibat dari kesalahan desain konstruksi jalan tentunya akan lebih mengusik hati nurani kita sebagai seorang praktisi di bidang jalan raya. Dan untuk praktisi sipil lainnya dapat membantu masyarakat dalam memberikan tekanan kepada para stakeholder untuk membangun konstruksi jalan raya sesuai dengan kriteria desain yang ada.

Syarat dan ketentuan serta manual pemakaian dapat dibaca pada lampiran dari program ini. Silahkan download aplikasi Desain Alinyemen Vertikal secara gratis. Untuk kritik, saran dan diskusi silahkan utarakan di bagian komentar.

You Might Also Like

0 comments

Labels